Solusi Atasi Stretch Mark

Standar

VIVAnews – Meski tumbuh di area-area tersembunyi, stretch mark seringkali membuat banyak wanita tak percaya diri. Stretch mark merupakan masalah kulit yang sering dikeluhkan para wanita, terutama usai melahirkan. Guratan seperti parut itu biasanya timbul di bagian perut dan paha.

Dermatolog, Dr Howard Murad, mengatakan, stretch mark terjadi ketika serat elastis di dalam kulit rusak. Stretch mark biasanya timbul akibat kehamilan, pubertas, kenaikan berat badan secara drastis, dan otot yang membesar. Biasanya muncul di sekitar pusar, payudara, pantat, pinggul, paha, dan lengan.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk meminimalkannya:

Laser

Pecahan terapi laser, kata Dr Brian Zelickson, seorang anggota staf pengajar di University of Minnesota Medical School’s Department of Dermatology, menerangkan bahwa teknik ini dilakukan di mana seorang dokter membuat suntikan kecil di atas tanda peregangan (setipis diameter sebuah batang rambut).

Kulit yang mengalami strech mark diobati dengan teknik laser, yang mampu menggantikan kulit yang terluka dengan kulit sehat yang baru, sehingga bisa mengurangi munculnya tanda peregangan. Dengan laser, beberapa pasien Zelickson menyatakan 30-40 persen strech mark di kulitnya semakin pudar.

Perawatan ini dinilai sebagai perawatan terbaik untuk stretch mark, sebelum jaringan berubah putih. Laser juga dapat merangsang pertumbuhan kolagen, yang pada gilirannya dapat membuat stretch mark kurang dalam.

Produk anti stretch mark

Ada sejumlah obat stretchmark di pasaran, termasuk minyak dan lotion kulit yang membantu sirkulasi darah. Salah satu yang cukup ampuh adalah Decleor’s Perfect. Produk ini mengandung minyak atsiri, termasuk chamomile, mawar, anggur, jeruk, sereh.

Produk lainnya adalah Firm Phyto-Complex, kombinasi minyak, alang-alang ekstrak, arnica, solomon seal, dan ekstrak cypress. Produk ini juga mengandung self-tanning agen, yang di sukai wanita karena membuat kulit tampak bercahaya dan membuat warna kulit terlihat lebih merata.

Melakukan pengelupasan kulit dan pijat

Dua belas tahun lalu, Jean Mosher mengalami stretch mark. Dia bilang dia melakukan penelitian perawatan tetapi tidak mampu menggunakan laser untuk perawatan kulit. Jadi, ia merancang Stretch Mark Cure yang berupa obat-obatan murah dengan prinsip kerja mirip laser atau mikrodermabrasi.

Obat ini terdiri dari beberapa proses di antaranya scrub untuk menghilangkan lapisan atas kulit di atas stretch mark. Obat ini juga diaplikasikan dengan tanaman yang menenangkan berbasis gel. “Ini juga bisa mengobati luka ringan di bagian atas permukaan kulit, dan mengisi jaringan kulit yang rusak.”

Murad selalu mengingatkan para wanita untuk menerima ketidaksempurnaan. Namun, bukan berarti ketidaksempurnaan itu menjadi kutukan. “Lakukan apa yang bisa Anda perbuat untuk meminimalkan ketidaksempurnaan itu dan fokus untuk memperindah seluruh bagian tubuh Anda.”

http://id.news.yahoo.com/viva/20100210/tls-solusi-atasi-stretch-mark-34dae5e.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s