Awas, Soft Drink Picu Kanker Pankreas

Standar

Sebuah studi terbaru soal efek minuman ringan bersoda atau soft drink mengungkapkan fakta mengerikan.

Menurut studi yang dipublikasikan di ‘Cancer, Epidemiology, Biomarkers and Prevention’ orang yang minum soft drink setidaknya dua kali seminggu berisiko menderita kanker pankreas dua kali lipat.

Para peneliti mengumpulkan data konsumsi soft drink, jus, dan nutrisi diet, demikian juga data soal gaya hidup dan faktor lingkungan dari 60.524 orang warga Singapura keturunan China. Tak tanggung-tanggung penelitian ditindaklanjuti sampai 14 tahun.

Penelitian dilakukan pada penduduk yang tinggal di perumahan milik pemerintah – seperti yang dijalani 9 dari 10 warga Singapura. Riset memperhatikan pola diet, aktivitas fisik, sejarah reproduksi, pekerjaan, dan riwayat kesehatan.

Penelitian menunjukan 87 persen risiko tertinggi kanker pankreas adalah mereka yang meminum dua atau lebih soft drink per minggu. Sementara, tak ada faktor keterkaitan natara konsumsi jus dengan kanker pankreas.

Mengapa? “Kadar gula tinggi dalam soft drink akan meningkatkan level insulin dalam tubuh. Itulah yang mendorong pertumbuhan sel kanker pankreas,” kata kepala peneliti, Mark Pereira dari Universitas Minnesota, seperti dimuat laman News.com.au, Selasa 9 Februari 2010. 

Insulin, tambah dia, membantu tubuh mencerna gula. Insulin diproduksi di pankreas.

Kanker pankreas adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan. Menurut American Cancer Sosiety, hanya lima persen orang yang divonis kanker pankreas, yang bisa bertahan hidup selama lima tahun.

Dokter Pereira mengatakan, meski riset dilakukan di Asia, hasilnya relevan juga untuk warga Barat.

“Singapura adalah negara maju dengan layanan kesehatan yang baik. Penduduknya gemar makan-makan dan belanja, sama dengan di negara Barat,” tambah dia.

http://id.news.yahoo.com/viva/20100209/tls-awas-soft-drink-picu-kanker-pankreas-34dae5e.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s