Kenali Jajanan Berbahaya di Sekitar Kita

Standar

Berdasar penelitian yang dilakukan Badan Pengawas Makanan dan Obat (BPOM) pada awal Februari 2010, terungkap bahwa 30 persen jajanan yang beredar di masyarakat mengandung zat berbahaya.

Banyak makanan mengandung formalin (pengawet), Boraks (antiseptik), Rhodamin B dan Methanil Yellow (Pewarna Sintetis) yang sangat berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi jangka panjang.

Kenali ciri-ciri jajanan mengandung bahan berbahaya sesuai temuan BPOM:

1. Bakso

Bakso yang mengandung bahan berbahaya tidak rusak sampai lima hari pada suhu kamar 25 derajat celcius, tekstur sangat kenyal, dan bau agak menyengat karena biasanya menggunakan zat pengawet formalin. Selain itu, warna daging bakso tidak kecoklatan namun cenderung keputihan.

2. Mie

Mie mengandung bahan berbahaya tidak rusak sampai dua hari pada suhu kamar 25 derajat celcius dan bertahan lebih dari 15 hari pada suhu lemari es 10 derajat celcius. Mie tidak lengket dan lebih mengkilat dibanding mie normal. Selain itu, penampakan mie mengkilat dan tidak cepat putus serta memiliki bau menyengat formalin.

3. Tahu

Tahu mengandung zat berbahaya tidak rusak sampai dua hari pada suhu kamar 25 derajat celcius. Tahu terlampau keras, kenyal namun tidak padat.

4. Lontong

Lontong mengandung zat berbahaya memiliki tekstur sangat kenyal, berasa ‘tajam’ atau sangat gurih sehingga membuat lidah bergetar dan terasa getir.

5. Kerupuk berwarna

Kerupuk yang menggunakan pewarna berbahaya memiliki warna merah atau kuning yang mencolok dan cenderung berpendar. Selain itu, banyak memberikan titik-titik warna tidak homogen.

Kepala BPOM, Kustantinah memperingatkan bahwa konsumsi makanan mengandung zat berbahaya dalam jangka panjang dapat menyebabkan komplikasi penyakit dalam tubuh. “Bahan berbahaya tersebut akan mengendap dalam tubuh, karena tidak dapat larut melalui urine atau keringat,” ujar Kustantinah.

http://id.news.yahoo.com/viva/20100214/tls-kenali-jajanan-berbahaya-di-sekitar-34dae5e.html

*****

 

Ckkckk, salah satu makanan favorit Anne ada di dalam daftar itu : BAKSO. Wuih, kejamnya yang bikin bakso pake bahan-bahan berbahaya. Hiks…. Anne sering banget jajan bakso. Lillahi ta’ala aja lah, mo gimana lagi ?

2 responses »

    • hehe, jangan jadi parno dunk….jajan mah boleh aja
      asal dipilah dari segi kesehatan, kebersihan en kantong (terutama),
      apakah memenuhi syarat sbg jajanan sehat ?

      emang sih, amannya bikin jajanan sendiri….lebih terjamin kesehatannya
      salam kenal🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s