Sehat dengan Makanan Pedas

Standar

Cabai, lada dan makanan pedas lainnya memiliki dampak positif bagi kesehatan. Asal tidak berlebihan, mengonsumsi makanan pedas bisa meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh dan membantu kerja jantung.

Dokter Khursheed Jeejeebhoy, ahli penyakit dalam dari University of Toronto, bahkan menganjurkan konsumsi makanan pedas secara teratur untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. “Konsumsilah makanan pedas secara tidak berlebihan karena sangat baik bagi kesehatan dan mengurangi risiko kanker,” kata Jeejeebhoy, seperti VIVAnews kutip dari Besthealthmag.

Hasil penelitian laboratorium di Inggris menunjukkan, kandungan capsaicin pada cabai yang menimbulkan rasa pedas, dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal. Itulah mengapa kasus kanker di Meksiko dan India, yang masyarakatnya banyak mengonsumsi makanan pedas, lebih sedikit dibandingkan negara-negara Barat, yang masyarakatnya cenderung tidak suka makanan pedas.

Dua penelitian yang dilakukan tim dari Australia juga mengungkap, menambahkan cabai dalam setiap masakan bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, makanan pedas juga bisa menstabilkan kadar insulin dalam darah.

Dalam takaran yang tidak berlebihan, makanan pedas bahkan bermanfaat untuk kesehatan lambung. Demikian hasil studi yang dilakukan tim peneliti dari Hungaria. Capsaicin bisa mengurangi asam lambung dan berfungsi sebagai antiinflamasi.

Jadi, mulailah menyisipkan makanan pedas dalam menu harian Anda secara berkala. Tetapi ingat, jangan konsumsi cabai secara berlebihan.

http://id.news.yahoo.com/viva/20100212/tls-sehat-dengan-makanan-pedas-34dae5e.html

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s