Kolam Susu

Standar

***
Perhatikan syair lagu ini:

Kolam Susu
by Koes Plus

Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jala cukup menghidupimu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu

Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jala cukup menghidupmu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu

Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman

***
Ceritanya Begini:

Ada dua orang di suatu perusahaan terkenal, kedua-duanya adalah manajer di perusahaan tersebut, pada saat krisis moneter kedua orang tersebut terkena imbasnya yaitu PHK, namun karena perusahaannya baik, masing masing mendapat pesangon 150 juta dan yang satunya 80 juta sesuai masa kerjanya.

Suatu hari kedua orang tersebut kumpul bareng di salah satu rumah sahabat tersebut. Di dalam percakapan mereka saling terbuka satu sama lain, yang intinya membahas untuk apa uang tersebut digunakan.

Satunya bilang bahwa dia akan buka bengkel bubut di daerah Tangerang dekat kawasan industri, sedangkan satunya bilang akan menjadi petani dan uangnya akan dibelikan sawah di kampung.

Pendek cerita, keduanya berpisah selama 10 tahun lamanya. Suatu hari mereka bertemu kembali, orang yang tadinya memutuskan jadi petani datang naik mercedes ke tempat temannya yang sekarang menjadi pengusaha bubut yang sukses.

Kembalilah dia berbincang-bincang secara blak-blakan cerita dari A sampai Z, maklum sahabat kantor lama, sampai kemudian masing masing di antaranya menanyakan…

“berapa asset kamu sampai-sampai kamu menjadi pengusaha bengkel bubut ?” kata si petani,

“Kira-kira saya sudah mengumpulkan asset sekitar 3 Milyar”, kata pengusaha bengkel tersebut sembari berbalik tanya, “kalau kamu? ”
“Kalo saya sudah mengumpulkan Asset 6 Milyar berupa tanah seluas 60 Hektar”, kata si petani tersebut.

“Emang ceritanya gimana kok kamu bisa punya tanah seluas itu”, kata pengusaha bengkel tersebut.

Kemudian si petani tadi menjelaskannya:

Waktu itu saya punya uang 80 juta saya belikan tanah dapat 2 hektar dan saya tanami pohon jati sebanyak 4000 pohon, sekitar usia 8 tahun, satu pohon saya jual 1.5 juta ke tengkulak jati, jadi total-total saya mendapat uang sekitar 6 Milyar dan sebagian saya belikan sawah sebanyak 60 Hektar.

“Hebat… ternyata”, kata pengusaha bubut tersebut. “Ternyata kamu lebih sukses dari pada saya”.

“Saya memang sukses tetapi saya juga punya hutang bank yang harus saya bayar dari usaha bengkel tersebut, saya juga harus membayar gaji mereka dan lain-lain dan semakin lama semakin berat atas hutang saya ini.”

*****

Cerita itu sama dengan kondisi bangsa indonesia yang sekarang ini.

Mengabaikan pertanian dan perkebunan, tetapi malah terfokus pada industrialisasi dan kapitalisme barat. Padahal Kunci Keberhasilan Indonesia adalah Pengelolaan Pertanian Dan Agroindustri. Sampai kapanpun bangsa barat akan menang dengan teknologi, karena dia sudah menpunyai system teknologi sejak dari nenek moyang.

Dan Indonesia pun akan menang, dengan pertanian dan agrbisnisnya. Coba anda bayangkan jika penduduk indonesia masing-masing menanam satu pohon jati atau tanaman keras lainya. Katakanlah jumlah penduduk indonesia 200juta x Rp 3 juta (harga per pohon). Berapa uang yang diperoleh sepuluh tahun kemudian?  Totalnya adalah 600Trilyun itu baru pohon jati, belum yang lainnya, hasil perikanan dan lain-lain…

Makanya bener ni lagu…

Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkath kayu dan batu jadi tanaman

Jadi sebagai orang Indonesia, jadilah bangsa yang percaya diri, galilah nilai nilai budaya nenek moyang kita,Jadilah bangsa yang bangga sama diri sendiri kembalilah mencintai tanah air kita jangan sampai direbut oleh bangsa lain, yang membodohi kita. Bekerja keraslah, kumpulkan modal kemudian bangun indonesia.

Berapa juta sarjana yang lulus dibiayai oleh orang tua sebagai petani, tetapi kita yang hidup di kota-kota besar malah menyekolahkan anak saja empot-empotan.

Taken from http://forum. detik.com/ showthread. php?t=5804,

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s