Membaca Dapat Mengurangi Stres Loh!

Standar

Membaca adalah salah satu cara untuk bersantai. Suatu penelitian yang dilakukan University of Sussex menunjukkan bahwa membaca dapat mengurangi tingkat stres hingga 68 persen. Bahkan, walaupun hanya enam menit, membaca dapat mengurangi tingkat stres.

Penelitian itu juga menemukan bahwa membaca bekerja lebih cepat dan lebih baik dibanding metode lain untuk menenangkan saraf lelah, seperti mendengarkan musik, berjalan-jalan, atau meminum secangkir teh.

Para psikolog percaya hal itu karena saat membaca, pikiran manusia harus berkonsentrasi dan menjadi terbawa dalam dunia sastra yang dapat meredakan ketegangan di otot dan hati.

Penelitian itu dilakukan pada sekelompok sukarelawan yang tergabung dalam konsultan Mindlab Internasional di University of Sussex.

Sebelum diuji dengan berbagai metode relaksasi tradisional, tingkat stres dan denyut jantung mereka ditingkatkan terlebih dulu melalui berbagai tes dan latihan.

Dari tes itu, Dr David Lewis, kognitif neuropsikolog, mengatakan membaca bekerja dengan baik. “Membaca mengurangi stres hingga 68 persen,” kata David. Subjek hanya perlu membaca enam menit untuk memperlambat denyut jantung dan meredakan ketegangan otot.

Dr Lewis, yang melakukan tes berkata, “Tidak peduli buku apa yang Anda baca. Dengan membaca, Anda akan kehilangan diri dalam buku yang benar-benar mengasikkan itu. Membaca juga dapat melarikan diri Anda dari kecemasan dan tekanan dunia sehari-hari. Ini lebih dari sekedar pengalih perhatian, namun Anda juga terlibat aktif dengan imajinasi kata-kata yang tercetak.”

Selain membaca, ada kegiatan-kegiatan lain yang dapat menurunkan tingkat stres, seperti mendengarkan musik, minum kopi atau teh, bermain video game, dan berjalan-jalan. Dengan mendengarkan musik kita dapat mengurangi stres hingga 61 persen. Sedangkan minum kopi atau teh dapat menurunkan stres hingga 54 persen dan berjalan-jalan hingga 42 persen. Bermain video game membuat tingkat stres turun hingga 21 persen, namun detak jantung masih di atas titik awal.

http://id.news.yahoo.com/viva/20100308/tls-membaca-dapat-mengurangi-stres-loh-34dae5e.html

*****

Hoho . . . makin suka membaca deh setelah mengetahui hasil penelitian ini.

Good job, wahai para peneliti . . . Lanjutkan !!!

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s