Obrolan “Berisi” Mendatangkan Bahagia

Standar

Meluangkan waktu bersama orang lain untuk membicarakan hal yang bersifat lebih dalam, seperti makna hidup, harapan, dan bukannya hal remeh-temeh seperti obrolan tentang cuaca atau kemacetan, bisa membuat seseorang lebih berbahagia dalam hidupnya. Demikian menurut Matthias Mehl, psikolog dari University of Arizona, Amerika Serikat.

“Ini sangat menarik, karena kita bisa lebih berbahagia bila kita mau membuka diri untuk diskusi yang sifatnya lebih dalam dan personal,” kata dr.Mehl.

Ia mengatakan, obrolan yang “berisi” bisa mendatangkan kebahagiaan karena dua alasan, yakni karena setiap manusia punya dorongan untuk mencari dan menciptakan makna dalam hidupnya. Kedua, karena manusia adalah mahluk sosial yang selalu ingin berhubungan dengan orang lain.

“Secara interpersonal, dengan melakukan diskusi yang dalam, kita bisa membuat ikatan dengan orang lain. Dan seperti kita ketahui, hubungan interpersonal dan dasar yang penting untuk kebahagiaan,” kata Mehl.

Dalam penelitiannya, Mehl melakukan studi kecil yang melibatkan 79 mahasiswa yang bersedia mengenakan alat perekam untuk merekam setiap percakapan yang mereka lakukan dengan orang lain selama empat hari.

Kemudian hasil rekaman tersebut dikelompokkan menjadi diskusi yang bersifat ringan, seperti obrolan tentang cuaca atau acara TV, dan obrolan yang lebih “berbobot”, misalnya tentang isu-isu hangat, filsafat, agama, serta pendidikan.

Orang yang paling bahagia, berdasarkan pengakuan mereka tentang kepuasan hidup, adalah mereka yang sering melakukan diskusi yang lebih berisi dengan orang lain. Orang-orang berbahagia ini hanya melakukan obrolan ringan 10 persen, atau tiga kali dalam sehari, dan mengobrol bermakna sebanyak 28,3 persen lebih sering dibanding orang yang tidak bahagia.

http://id.news.yahoo.com/kmps/20100322/tls-obrolan-berisi-mendatangkan-bahagia-8d16233.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s