Liburan dan Rekapitulasi Penjualan

Standar

Liburan

 

Ngomongin liburan dulu, akh !

Niatnya sih, pengen ngajak keluarga nginep di luar kota pada weekend ini. Kan lumayan tuh, ada hari libur di Jum’at. Sabtu bisa ambil cuti kerja.  Tapi, Bunda gak mau. Kasihan ninggalin langganan toko, kilahnya. Yah gitu deh, kalo kita berwiraswasta. Gak bisa seenaknya, kalau gak mau kehilangan pelanggan. Yah sudahlah, liburan di rumah aja…..

Asyik !!! Ternyata ada acara juga di hari libur. Kemarin adalah hari yang mantaaabb . . . . Si adek tumben-tumbenan ngajak dinner ke luar, dia nraktir orang serumah cuy !! Makan seafood di daerah Gunung Sahari (satu-satunya gunung di Jakarta yang gak akan memuntahkan lahar, huehehe). Biasanya tuh, Anne yang suka nraktir dinner keluarga. Dengan catatan, kalo ada rejeki tambahan . . . seperti dapet bonus tahunan atau royalti.

Wah, dalam satu minggu ini Anne banyak dapet rejeki, nih. Makan-makan gratis mulu, makan seafood mulu : Senin, Rabu, Jum’at.

Nah, kemarin itu…..si adek kalap bener dah mesen makanannya. Meja panjang tempat kami makan dipenuhi lauk-pauk. Ada apa aja di meja ? 2 piring cah kangkung + 1 ekor ikan Kuwe bumbu saos Padang dalam ukuran sedang + 2 piring udang bumbu asam manis + 1 piring udang bumbu saos Padang + 2 piring kerang bumbu asam manis + 2 piring kerang bulu direbus + 2 piring kepiting bumbu saos Padang + 3 piring cumi goreng tepung. Kalo dijumlahkan ada 15 piring ukuran besar di atas meja !!! Itu di luar piring nasi + 6 mangkok saos cocolan dan gelas minuman + botol air mineral. Geez, rame banget kan tuh meja. Padahal, yang makan cuma 6 orang. Abis 400 ribu.

Kelar dinner, kami pergi ke MOI (Mall Of Indonesia). Giliran Anne yang nraktir. Tapi, kali ini bukan nraktir makan. Anne nraktir adek-adek beli buku di Gramedia, lagi diskon 30% loh ?! Padahal, sehari sebelumnya Anne abis dari situ juga…..beli kamus seharga 375 ribu. Waktu beli kamus itu Anne pergi ama teman baru di kantor, dia gak tau kalo Anne penulis buku. Nah, waktu Anne sibuk ngebolak-balik kamus yang tebalnya ribuan halaman itu…..dia ngetawain Anne sambil berujar, “Emangnya kamu bukan orang Indonesia ? Kok, beli kamus begituan sih ?!”

Hehe, biarlah ditertawakan…..Anne sudah biasa ditertawakan. Yang terpenting, Anne-lah yang tersenyum kemudian, karena merasakan manisnya hasil perbuatan yang ditertawakan itu.

Oya, semalam Anne beli sebuah buku anak. Kedua adekku bertanya untuk apa ? Pastinya mereka bingung, buat apa si Kakak beli buku anak…..lha wong Anne ini berkeluarga aja belum, apalagi punya anak ? Ponakan juga belum punya. Hihi, biarin aja mereka penasaran.

 

 

 

Rekapitulasi Penjualan

 

Uhm, 1 April kemarin dapet surat pemberitahuan Rekapitulasi Penjualan dari Penerbit atas buku pertama Anne. Ayo tebak, apa isinya ? Inilah yang Anne nantikan, informasi berapa eksemplar buku yang sudah terjual selama 6 bulan terakhir. Hasilnya ? Cukup baik menurutku, setidaknya bagi seorang penulis pemula. Entahlah, Anne tak tau pasti…..Apakah jumlah eksemplar buku Anne yang terjual per bulan ini termasuk kategori bagus atau normal atau jelek ? Anne hanya merasa gembira, karena apa yang Anne buat ternyata bermanfaat untuk orang banyak. Takjub aja, ternyata apa yang Anne kerjakan itu berharga. Jadi ngerasa lebih menghargai diri sendiri, dan lebih bersyukur kepada-Nya atas diri yang seperti ini.

Dalam surat itu tertera jumlah penjualan buku per bulan. Di bulan pertama hanya 10 eksemplar. Itu karena saat bukunya terbit sudah tanggal 27, hanya tersisa beberapa hari untuk mengakhiri bulan tersebut, bukan ? Wajarlah hanya laku segitu.

Di bulan-bulan berikutnya kisaran penjualan buku antara 400-500an buku per bulan. ALHAMDULILLAH. Total dalam 6 bulan terakhir sudah terjual 2400 eksemplar, hampir separuh dari 5000 eksemplar—total buku yang diterbitkan. Ayo Anne, semangat berkarya !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s