Tanjung Priok Berdarah

Standar

Ya, itulah salah satu tajuk berita TV One kemarin petang. Judul yang membuat bergidik, bukan ? Ngeri, melihat tayangan saat kejadian berlangsung di komplek makam Mbah Priok, yang letaknya tepat di seberang RSUD Koja. Batu-batu melayang mengenai kepala; ada darah yang tertumpah.

Siapa yang salah ?

Teringat pemberitaan-pemberitaan lalu tentang kegiatan satpol PP yang menggusur warga, bukan hanya di Jakarta, tapi di seluruh Indonesia. Sikap arogan dan tanpa belas kasih mereka, itulah memori buram warga akan mereka. Tak pelak, jika ada pemantik…..warga melampiaskan amarah kepada mereka.

Mereka itu digaji oleh rakyat, kenapa harus tarik urat ? Tak adakah mufakat ? sehingga memperoleh penyelesaian yang bermartabat.

Menonton penjelasan dari Wagub DKI Jakarta, katanya sih niatnya bukan untuk menggusur makam, hanya ingin menertibkan bangunan liar di sekitar makam. Lalu, bagaimanakah proses sosialisasi niat tersebut ? Kenapa sampe ribut ? Dan akhirnya membuat polisi dan satpol PP mundur lewat laut.

Mungkin, warga sudah tidak percaya lagi dengar omongan semacam itu. Bilangnya cuma begini, tau-tau jadinya begitu.

Siapa yang salah ?

Jika warga membela kepentingannya . . .

Perkaranya, bukan siapa yang salah dan siapa yang benar ? Toh, berbagai pihak merugi juga akhirnya. Kehilangan nikmat sehat, bahkan ada yang kehilangan nyawa. Rusaknya fasilitas umum, yang notabene dari uang rakyat juga. Trayek angkutan umum di sekitar situ terganggu, sopir-sopir angkutan umum itu harus menafkahi keluarganya, bukan ? Para pemakai jalan juga terganggu aktivitasnya. Semua jadi susah, kan ?

***

Benar atau salah, merupakan perkara nisbi. Tak ada kebenaran hakiki. Dan tak ada kesalahan hanya milik salah satu pihak. Yang ada hanya beda kepentingan.

Mari bicara . . . Mari mendengarkan . . . Jauhi kekerasan !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s